Kamis, 04 Juni 2009

Polisi Tangkap Pencuri Kayu Perhutani di Subang

Ditulis Oleh Annas Nashrullah
Kamis, 04 Juni 2009

SUBANG – Petugas gabungan dari Polres Subang dan Polisi Hutan (Polhut) Wilayah Purwakarta berhasil menggagalkan aksi pencurian kayu (illegal logging) milik Perhutani di Kampung Bolang,Desa Sadawarna,Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang,kemarin.

Petugas gabungan berhasil mengamankan satu dari delapan pelaku bernama Jejen, 45,warga Desa Sadawarna,Kecamatan Cibogo. Sementara tujuh pelaku lain berhasil kabur dan menjadi buronan petugas kepolisian. Dalam aksinya,delapan pelaku berhasil mengumpulkan kayu jenis jati sebanyak 8 kubik atau sebanyak 80 kayu berumur 10–15 tahun siap dipasarkan.Kayu dengan panjang 2–3 meter dan diameter 10–16 cm itu kini diamankan petugas sebagai barang bukti.

Kapolres Subang AKBP Sugiyono menjelaskan,penangkapan terhadap pelaku kejahatan hutan itu dilakukan setelah pihaknya menurunkan anggota untuk melakukan pengintaian selama sepekan.Pelaku diketahui menyimpan hasil curiannya di semak belukar Kampung Bolang, Desa Sadawarna,Kecamatan Cibogo. ”Ini adalah salah satu pengembangan dari laporan Polhut dan masyarakat, kemudian kami garap bersama untuk menjaring pelakunya.Alhamdulillah tertangkap satu orang, sementara lainnya masih dalam pengejaran,” katanya.

Jejen menerangkan,pada 2004 lalu,dia melakukan aksi pencurian kayu karena disuruh oknum kepolisian berinisial SGD yang berpangkat sersan di lingkungan Polres Subang. Dia mengaku, dalam dua tahun bekerja dengan oknum kepolisian itu, dia hanya bekerja sebagai kuli angkut.”Saya disuruh Pak Sersan SGD, anggota Polres Subang, tapi saya hanya diberi ongkos mobil sebesar Rp150.000,”ungkapnya. (annas nashrullah)

1 comments:

annas mengatakan...

postingan yang ruar biasa/

salam,
www.bakudara.com

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Kesatuan Pemangkuan Hutan Sukabumi Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform