Selasa, 23 Februari 2010

REST AREA TASIKMALAYA CONTOH WISATA HUTAN JABAR

Ditulis Oleh Feri Purnama
Selasa, 23 Februari 2010

Tasikmalaya, (ANTARA) - Rest area wisata hutan di lokasi strategis di Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, merupakan percontohan bagi lokasi wisata hutan lainnya di Jawa Barat (Jabar).

"Ini menjadi model utama yang ditawarkan wisata hutan lainnya di Jawa Barat," kata Kepala Perhutani unit III Provinsi Jabar-Banten Ir Bambang Setiabdi, usai menghadiri peresmian wisata hutan Kota Tasikmalaya, Minggu.

Ia menjelaskan hutan di Jabar luasnya 764.387,59 hektare, namun baru memiliki 118 objek area wisata hutan, dari 170 objek wisata hutan yang belum dimanfaatkan Perhutani Jabar.

Menurut dia, di Kota Tasikmalaya merupakan awal dimulainya model baru dalam mengemas wisata area hutan yang menarik, yang berbasis mendidik dalam menjaga lingkungan.

Selain itu, area wisata hutan di daerah ini memiliki fasilitas rute jalan untuk olah raga 'off road' bagi pecinta mobil jeep dan motor cross dalam mengembangkan bakat kegiatan "adventure".

"Ini yang ditawarkan, bagaimana mengemasnya dan menjadi model edukatif," katanya.

Ia menjelaskan Perhutani memiliki kewajiban dalam mengelola hutan lestari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya hutan.

Pihak Perhutani, kata dia, akan berupaya optimal dalam mengembangkan wisata alam area hutan dengan menawarkan konsep yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

"Bertanggung jawab terhadap objek wisata alam, dan budaya lokal ini harus dikembangkan. Alamnya yang kita jual, bukan dengan cara membabat hutannya," katanya.

Untuk itu, kata Bambang, Perhutani akan berupaya melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah dalam memanfaatkan hutan menjadi objek wisata yang berbasis lingkungan dan edukasi.

"Nanti ada hitung-hitungannya, tergantung masukan, ada kesepakatan serta 'sharing' dengan pemerintah daerah, yang didukung dengan berbagi kewajiban pemda untuk menyediakan infrastruktur. Kami yang menatanya," katanya.

Feri Purnama

0 comments:

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Kesatuan Pemangkuan Hutan Sukabumi Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform