Selasa, 16 Februari 2010

Sambutan Direktur Utama

Ditulis Oleh Humas Perum Perhutani
Selasa, 16 Februari 2010

Sambutan Direktur Utama Perum Perhutani saat pelantikan pejabat pada tanggal 11 Februari 2010 di Jakarta.

Assalamualiakum Wr Wb

Selamat sore dan salam sejahtera bagi kita semua
Yang terhormat Rekan-rekan Direksi
Yang saya banggakan Kanit I, II, dan III
Yang saya banggakan Bapak Direktur PT. PALAWI
Yang saya banggakan Bapak Direktur PT. PAK
Seluruh pejabat yang pada hari ini dilantik mulai dari Deputi Direktur Banstra, Kepala Satuan Pengawas Intern, Para Asdir, Para Kepala Biro.
Seluruh pejabat yang hadir menyaksikan acara pelantikan pada sore hari ini yang saya banggakan.

Pertama-tama kita wajib mengucap syukur Alhamdulillah, proses ini terjadi lagi di tahun 2010. Memang seharusnya acara ini dilakukan pada awal tahun 2010, tetapi nampaknya mekanisme, proses dan prosedur kita masih belum sempurna sehingga baru bisa kita laksanakan sekarang dan akan terus kita perbaiki agar selanjutnya pelantikan dapat kita percepat seperti yang tadi kita dengar dan saksikan.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, pertama saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik. Selamat dalam artian mudah-mudahan betul selamat karena nanti setiap individu akan ada KPI. Artinya selamat dalam mendapatkan tantangan baru dan juga selamat sebagai sebuah doa agar nanti kita sama-sama mencapai tujuan yang sudah kita sepakati. Ibu dan Bapak sekalian memang kita sudah berupaya agar proses ini semaksimal mungkin. Tadi Bapak Pejabat yang dilantik sudah menyampaikan pernyataan dari pejabat bahwa kita akan selalu melaksanakan secara GCG. Kemudian kita mengupayakan seminimal mungkin kepentingan pribadi, kelompok dan golongan dan kita berupaya semaksimal mungkin untuk kemajuan perusahaan.

Tadi saya menyampaikan bahwa proses ini belum sepenuhnya GCG karena sistemnya masih dibangun. Sekali lagi kami sampaikan bahwa dalam proses transisi ini kita ingin nanti Leading Deputi Direktur Banstra yang sudah dilengkapi dengan Asdir Banstra mempercepat terbentuknya sistem diperusahaan ini mulai dari SMPHT, ICBHRM, SMK dan seterusnya. Apalagi kita sudah jelas melihat kategori pejabat yang telah ditentukan, kami sangat berharap dalam waktu setengah tahun pun akan terbentuk system itu sehingga pada akhir tahun sudah bisa menetapkan KPI atau ukuran yang telah terukur oleh perusahaan ini. Saya kira Banstra sesuai SK struktur organisasi perusahaan sangat strategis. Kita akan tumpuk disitu semua masalah rencana jangka panjang perusahaan, masalah transformasi bisnis, sampai kepada Human Resourch Development. Selanjutnya konsep dan program tinggal dilaksanakan oleh Direktorat yang terkait. Demikian juga untuk bisnis dan pengembangan usaha sehingga ini memang harus kuat dan mempunyai arahan yang konsisten dengan apa yang terjadi di luar.

Bapak Ibu sekalian, mengapa terjadi rolling? Kita melihat bahwa ada beberapa posisi yang mungkin belum sampai 5 tahun tetapi nampaknya sudah tidak menjadi tantangan bagi pejabat yang bersangkutan, sehingga kita lakukan rolling agar terjadi tantangan dan inovasi baru. Barangkali waktu yang lalu kita masih belum menempatkan orang yang pas antara karakter SDM dan tempat maka sekarang kita berusaha semaksimal mungkin untuk menyesuaikan.

Menurut laporan LPP potensi yang dimiliki SDM Perum Perhutani sangat luar biasa yaitu 48% level 4-5 yang masih sangat jarang bagi sebuah perusahaan. Jadi kita boleh bangga karena kita memilki potensi dan modal. Namun, beberapa kategori sangat lemah ada didaftar 2 ½ yaitu kompetensi managerial, team leadership, adaptibilitas, teamwork dan kooperatif. Sedangkan self control nilainya 2,3. Itulah secara umum potret dari SDM kita. Dan saya betul-betul menaruh kepercayaan kepada Banstra untuk membuat program dimana Human Resourch Development dilakukan mulai dari level bawah sampai atas. Oleh sebab itu disarankan:

  1. Harus melakukan linement program pengembangan dan visi sebagai petunjuk ke depan.
  2. Revitalisasi Pusdiklat. Pusdiklat sebagai assesment center dan training center harus dirombak dan selanjutnya Puslitbang sebagai ujung tombak dari inovasi.
  3. ICBHRMS harus sudah mulai diimplementasikan dan tugas segera diselesaikan dengan target paling lama pertengahan tahun.
Inilah yang sangat penting dalam kita membangun karena kedepannya akan semakin sulit seperti kesiapan Perhutani tentang China AFTA dan juga masalah sosial. Tetapi kita tidak boleh berkeluh kesah karena kita berasumsi bahwa potensi SDM kita luar biasa hanya tinggal merekatkannya saja. Sehingga saya kira tugas kita kedepan banyak sekali jadi mohon mulai sekarang hentikan silang pendapat yang menyebabkan kita lupa akan tujuan sebenarnya. Jadi kita harus fokus pada pencapaian target pekerjaan dan kehidupan sosial yang baik karena tujuan kita sebenarnya memberikan manfaat sebesar mungkin untuk masyarakat.

Ibu Bapak sekalian, saya ingin menyampaikan informasi bahwa untuk PHP 2010 prinsipnya bagus dengan kenaikan 15 ½ % dari Desember 2009 tetapi sampai detik ini luar biasa sulitnya untuk secara signifikan menaikkan PHP. Paling hanya bisa naik Rp.200-400 ribu saja kecuali ada pendapatan yang quantum live dan ada cost effective yang signifikan. Saya sudah diskusi dengan Direktur Keuangan dan Asdir Keuangan dan kita sudah bedah semua costingnya. Ada sesuatu yang aneh yaitu pada 2007 laba bersih 39 M dan pendapatan 21 Triliun yang artinya 2,06 habis untuk “operasional” yang belum bisa dijelaskan. Tahun 2008 laba bersih 164 M dari pendapatan 2,4 triliun artinya 2,2 triliun cost nya. Pada 2009 159 M laba bersihnya pendapatan 2,4 triliun artinya ada 2,2 triliaun untuk costnya. Kalau ada efek dari biaya operasional itu ke masyarakat bagus, namun jika tidak maka terjadi inevisiensi. Banstra sudah mengestimasi bahwa 2014 kita baru mencapai pendapatan 9 triliun, 2012 sebanyak 5,5 triliun dan 2011 sebanyak 4 triliun. Kalau saja sekarang misalnya gaji pelaksana paling rendah 1,5 sampai 3 juta berarti pendapatan harus minimal 5 juta yang baru bisa dicapai tahun 2012. Pertanyaannya adalah bisakah itu dipercepat? Dengan dibantu Banstra mengubah mindset kita dan reposisi bisnis dan dibantu Asdir lainnya maka kita akan mampu mempercepat ini ditahun 2011.

Inilah tantangan kedepan yang perlu kita raih, targetnya adalah semuanya saling berkaitan. Di dalam transformasi perusahaan ada 3 kelompok yaitu :1. Perencanaan sebagai visioner 2. Operasional menentukan target oriented 3. Supporting menjadi fasilitator. Kalau diantara ketiganya mampu berjalan dengan baik maka kita segera meraih tujuan akhir. Untuk 2010 kita akan melakukan pelantikan sebanyak 2x saja dan pelantikan berikutnya pada Maret jadi tidak banyak perubahan hanya KPI sebagai pengikat. Bagi posisi yang merupakan promosi maka harus dilakukan assestment dan harus dilakukan secara objektif untuk kemajuan perusahaan. Kepada Bapak Ibu yang masih memiliki peluang untuk berkompetisi silahkan berjuang. Kepada pejabat yang baru dilantik saya menitipkan perusahaan ini dan ingat dan camkan “Kita ini bisnisman, kita bukan birokrat”. Sekali lagi saya ucapkan selamat.

Tugasnya tidak berat namun penuh dengan tantangan karena banyak hal baru yang perlu kita lakukan untuk keluarga dan bangsa.

Selamat bekerja, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalam.

0 comments:

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Kesatuan Pemangkuan Hutan Sukabumi Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform