Rabu, 10 Maret 2010

5.000 Ton Kopi Arabika Siap Dipanen Awal 2010

Ditulis Oleh Pikiran Rakyat
Rabu, 10 Maret 2010

BANDUNG, (PR).-Sebanyak 5.000 ton berasan kering produk kopi arabika pada sentra produksi di Bandung selatan siap panen pada awal musim panen 2010 yang sejak pekan ini mulai diperoleh beberapa sentra produksi.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bandung H. Agus Hilman di Bandung, Senin (8/3), mengatakan, areal tanaman kopi petani pada sentra produksi di Kab. Bandung sebanyak 6.000-an hektare. Sementara yang berproduksi baru sekitar 3.500 hektare, mayoritas berada di lahan kehutanan Perum Perhutani Unit III.

Dari areal itu, menurut Agus, sampai akhir tahun 2010 akan dihasilkan 180.000 ton gelondongan yang diperoleh April-Desember. Namun, pada produksi awal musim panen Maret-Mei ini masih berkisar 15.570 ton gelondongan, dengan pasar nasional dan internasional.

"Yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, para petani kopi di Bandung selatan kali ini sudah dilengkapi dengan mesin-mesin pengolah, baik skala kecil maupun skala besar. Perkembangan ini, membuat harga produk kopi petani meningkat dan kualitas hasil panen pun semakin baik," katanya.

Disebutkan, bantuan mesin-mesin pengolah kopi tersebut dipasok dari Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementrian Pertanian yang disalurkan melalui masing-masing daerah.

Perhutani KPH Bandung selatan juga tengah mempersiapkan empat unit pabrik pengolah. Satu di antaranya kini sudah beroperasi, disusul tiga lainnya yang kini tengah dipersiapkan.

Kasubsi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) KPH Bandung selatan, Empar S. mengatakan, produksi yang dilakukan oleh keempat pabrik tersebut memang dalam bentuk setengah jadi. Keempat pabrik pengolah tersebut masing-masing berkapasitas produksi 4-6 ton perhari.

Sementara itu, harga panenan kopi gelondongan dari tingkat petani di Bandung Selatan kini sudah mencapai Rp 3.500 - 4.000 per kilogram, seiring panenan yang bertahap mulai diperoleh, terutama di Kec. Pangalengan dan Kec. Pasirjambu. (A-81) ***

0 comments:

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Kesatuan Pemangkuan Hutan Sukabumi Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform