Selasa, 02 Maret 2010

Jatro Waterland Jerman Investasi Jantropha Senilai Rp 10 Miliar

Ditulis Oleh Suara Merdeka
Selasa, 02 Maret 2010

SEMARANG- PT Jatro Waterland Jerman menginvestasikan dana senilai Rp 10 miliar untuk penanaman jarak pagar (jantropha curcas) bekerja sama dengan Perum Perhutani KPH Semarang.

Pada tahap pertama, jarak pagar untuk menghasilkan minyak jarak ini ditanam di lahan seluas 2.000 hektare. Dari satu hektare lahan, rata-rata dihasilkan 7 ton buah kering atau 1,5 ton minyak jarak dengan harga berkisar Rp 700-Rp 1.000/kg tergantung kualitas.

Menurut Direktur Keuangan PT Waterland International David Bingei, lahan yang dikembangkan nantinya akan bertambah hingga 10 ribu hektare. Investor juga tidak hanya mengirimkan tanaman jantropha saja, tetapi juga logistik, mesin termasuk mesin press berteknologi Eropa.

Tumpangsari Petani jantropha juga akan mendapat bantuan benih untuk tumpangsari disesuaikan dengan kondisi wilayahnya seperti jagung, padi gogo atau tanaman lain yang bernilai tinggi. Jadi sembari menunggu jantropha berbuah, hasil dari tumpangsari bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan petani.

’’Satu tahun akan berbuah walau belum banyak, nanti setelah 3 tahun hasilnya bisa dinikmati dan untuk menjualnya mereka tidak akan mengalami kesulitan,’’ jelas David usai MoU kerja sama dengan PT Jatro Waterland di Perum Perhutani KPH Semarang Jalan Dr Cipto Semarang, Senin (1/3).

Hadir dalam penandatanganan ini, Admnistratur Perum Perhutani KPH Semarang Ir Giri Irwanto, CEO PT Jatro Waterland Cristopt Weber dan Martin Klaus dari PT Jatro AG Jerman.

David mengungkapkan, kotrak kerja sama ini juga diminati sejumlah investor dari Inggris, Taiwan, dan JAT Oil Waterland Australia yang pertengahan tahun ini akan berekspansi di Jateng.

Grup raksasa Jatro yang mengolah sumber energi terbaharukan menjadi energi biodiesel ini, menargetkan mengelola 18 ribu hektare lahan baru untuk jantropha di Jateng. (J14-59)

0 comments:

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Kesatuan Pemangkuan Hutan Sukabumi Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform